Rabu, 24 November 2010

Analisis Structured Equation Model (SEM) (1)

Pada penelitian sosial, hubungan antara variabel yang terlibat, tdak sepenuhnya atau bahkan bisa dkatakan tdak ada variabel yang dapat berdiri sendiri. Kondisi ini juga bisa kita katakan sebagai variabel independen. Kebanyakan, variabel-variabel sosial yang dteliti itu berada pada dua kondisi:
  1. Tidak bisa terukur langsung , padahal agar bisa diteliti, sebuah variabel tidak cukup hanya diamati saja, tapi perlu juga dipaksa di-"kuantitatif"-kan, sehingga dapat terukur. Vaiabel ini dalam dunia penelitian disebut variabel laten, yaitu variabel yang diukur dari variabel2 anakan atau yang disebut inikator.
  2. Hubungan antar variabel yang luas, jangankan antar variabel, iantar indikator yang berbeda variabel atau antara indikator terhadap variabel laten lain juga terkadang memiliki hubungan.
Dari dua keadaan tersebut, akhirnya pada saat melakukan analisis statistik pada suatu variabel sosial, tidak cukup dengan berpuas dengan alat-alat analisis dasar sepert regresi sederhana, analisis faktor, analisis jalur, dan lain-lain. Karena, dengan alat-alat tersebut hanya bisa membingkai satu informasi dari hubungan variabel dan mengabaikan informasi yang lain yang mungkin malah penting.

Sebagai misal, dengan analisis regresi, hanya bisa mendapatkan informasi dari hubungan variabel latennya tanpa tau bagaimana kontribusi dari indikator-indikator dalam pembentukan hubungan tersebut pada saat yang sama (baca : simultan). Selain itu, jika ingin melakukan analisis hubungan pada lebih dari dua  variabel, maka hanya bisa dilakukan dengan parsial.

Agar pada saat yang sama dapat mengetahui hubungan antar variabel dan bagaimana kontribusi indikator-indikator tersebut dalam pembentukan hubungan tersebut, maka digunakanlah metode Structured Equation Model (SEM). Metode analisis ini menggabungkan analisis regresi, faktor, dan jalur. Sehingga dengan SEM ini, secara simultan menghitung hubungan yang terjadi antara variabel laten, mengukur nilai loading dari indikator-indikator variabel laten, dan menghitung model jalur dari variabel-variabel laten tersebut.

Sebagai alat analisis gabungan (kalau memang bisa dibilang begitu), agak lebh rumit dalam aplikasinya dan analisisnya. Software yang ditujukan untuk membantu menghitung untuk analisis SEM pun sedikit, dantaranya yang banyak dipakai oleh peneliti adalah : LISREL dan AMOS, namun entah sepertinya untuk SPSS juga sudah menyertakan analisis ini dalam fiturnya tapi penulis belum tahu mulai versi berapa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar