Jumat, 10 Desember 2010

Instalasi Android dan Eclipse


Sudah banyak tulisan tentang android dan teman-temannya, tapi pada tulisan ini, penulis hanya ingin berbagi pengalaman dalam melakukan instalasi android. Bagaimana sih? Lanjut gan.
Menurut manual resmi android, aplikasi yang dibangun dengan teknologi ini sebenarnya juga berbasiskan java. Hanya saja perbedaannya ada pada virtual machine yang digunakan oleh android itu sendiri. Kalau aplikasi java biasa menggunakan JVM alias java virtual machine, sedangkan android menggunakan DalvikVM alias dalvik virtual machine. Untuk lebih jelasnya silahkan baca bukunya di situs resminya ya. Ok
Karena memang turunan java jadi ya untuk membuat aplikasi untuk android ya masih berbau java juga. So peralatan perang yang harus kita siapkan antara lain :
1.      Java Development Kit/JDK terbaru (bisa di unduh di situs resmi sun)
2.      Android SDK (JDK nya android) di  http://developer.android.com/sdk/index.html
3.      Eclipse (Penulis menggunakan Helios) di http://www.eclipse.org/downloads/
4.      ADT (Android Development Tools) di http://dl.google.com/android/ADT-8.0.1.zip atau kunjungi http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html#installing atau tidak perlu mendownload juga bisa. Melalui eclipse.
Instalasi Java JDK
  1. Jalankan aplikasi JDK dan seperti biasa di next2 aja (biarkan menggunakan konfigurasi default)
  2. Jika proses instalasi selesai dan berhasil, maka akan terdapat folder JDK dan JRE pada C:\Program Files\Java.

  1. Selanjutnya adalah Setting PATH Java, yaitu dari Control Panel>System>Advanced>Environment Variables, tuliskan pada nama variabel : PATH dengan variabel value : ‘ ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_16\bin (menunjuk pada folder \bin JDK Anda). Dan jangan lupa, kalau Path ini sudah terisi mulai menuliskan value tambahan tadi dengan tanda ‘;’.


  1. Kemudian di ok-ok aja.
Instal Android SDK
1.      Download SDK di alamat ini http://developer.android.com/sdk/index.html
2.      Seperti biasa klik next
3.      Ketika berhasil, akan muncul seperti gambar dibawah ini pada program file :

4.      Kemudian buka SDK pada Start menu untuk menkofigurasi


5.      Jika pada list virtual device masih kosong, kita buat virtual device baru. Tools ini yang biasa disebut AVD. Yang akan menjadi jendela untuk menampilkan demo aplikasi yang kita buat atau jadi emulatornya lah…kok susah amat ya nyari kata-katanya..hehe..silahkan dicoba-coba sendiri untuk konfigurasinya.


6.      Kemudian Ok-Ok aja lah
Instalasi Eclipse
  1. Extract terlebih dahulu paket zip Eclipse
  2. Jalankan Eclipse.exe. Ketika dijalankan, Eclipse akan membutuhkan tempat (Workspace) untuk project2 yang akan dibuat. Tempat ini terserah anda mau dibuat dimana. (note: eclipse tidak membutuhkan proses instalasi)

Instalasi ADT
  1. Jalankan aplikasi Eclipse
  2. Pilih Help>Install New Software


  1. Klik Add, sehingga muncul jendela Add Site. Pada Name kita isi dengan ADT Plugin. Kemudian pada location isi dengan alamat ini http://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ jika komputer terhubung ke internet seprti yang saya beritahukan di awal atau kita bisa klik pada tombol Archieve, dan cari folder dunana kita menempatkan file ADT. Kemudian OK.

Gambar diatas jika lokasi ADT ambil di online
  1. Maka kemudian akan terlihat pada jendela Available Software, pilih checklist pada Developer Tools sehingga semua checklist terpilih. Klik Next.
  2. Akan terlihat jendela dialog Install Detail. Klik Next.
  3. Kemudian muncul jendela licence agreement, pilih I accept the …. Klik Finish.
  4. Restart Eclipse. Jika instalasi ADT sukses, maka akan terlihat Menu baru Android SDK and AVD Manager pada Menu Windows.
Konfigurasi ADT & Eclipse
  1. Klik pada Menu Windows>Preference, pilih Android, kemudian Browse pada SDK Location sesuai dengan Folder dimana SDK Anda tempatkan. Klik Apply, tunggu sebentar hingga muncul list SDK. Klik OK.
  2. Kembali ke Menu utama, kemudian pilih Windows>Android SDK and AVD Manager.
  3. Pilih emulator android yang ada. Misalnya AVD1 (Android Virtual Device). Klik Start. Catatan, kita bisa melakukan edit tampilan yang sesuai seperti di langkah instalasi SDK yang telah saya jelaskan tadi.
  4. Android akan Loading beberapa waktu, sehingga akhirnya AVD telah siap. Klik tombol Menu untuk masuk ke dalam program explorer.
Nah sampai disini kita telah berhasil memadukan konfigurasi ADT pada eclipse. Untuk pengembangan pembuatan aplikasi android selanjutnya tinggal bermain di eclipse nya. Oke.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar