Kamis, 04 November 2010

Memanfaatkan Iframe Untuk Membuat aplikasi Sederhana Jadwal Sholat dan Waktu Dunia


Berawal dari pulang malam sehingga harus maghriban dulu di kantor, padahal kantor di gedung 3 lantai 3 itu kalau sudah malem gak dengar adzan maghrib alias kedap suara dari luar bro. trus gimana dunk caranya tau kalau sudah maghrib ?
Alhamdulillah, akses internet di kantor sangat bisa diandalkan. Langsung saja buka google dan ketik “jadwal sholat” then keluarlah semua alternatif website yang memberikan informasi mengenai waktu sholat. Disini penulis lebih mepercayakan tampilan jadwal di web pkpu. Karena selain lebih simple, tampilannya gak ancur-ancur amat, juga bisa memilih secara dinamis kota dimana kita pada saat ini berada.
Tapi tungguuuu,,,ada yang kurang, ketika melihat jam di HP, terus melirik jam dinding di kantor, lalu melototin jam komputer di pojok kanan bawah,,,masyaAlloh, astaghfirulloh, subhanalloh,,kenapa semuanya berbeda,,,gedubrakkk,,,,,trus gimana dunk?
Tak terasa terdengar bunyi jangkrik,,krik,,krik,,krik,,,sejurus kemudian terlintas pikiran yang tidak-tidak (bukan yang jorok lho ya,,,hehe) maksudnya, penulis harus tau jam berapa tepatnya saat ini , of course yang sifatnya global. So, solusinya adalah melihat jam server. Lagi-lagi, penulis harus meminta petuah mbah google (ketikkan : mbah tolong tampilkan “server clock”  hehe…) untuk memberikan daftar website jam server. Untuk urusan yang satu ini penulis memilih “worldtimeserver.com”.
Peristiwa yang seperti ini terjadi berulang kali, sampai membuat penulis kehabisan nafas(lebay dot com).  Akhirnya setelah mencoba menerik nafas dalam-dalam 3 kali, penulis insyaf. Bahwa yang dilakukan itu bisa disederhanakan. Bagaimana caranya? Tuing…muncul ide bagaimana kalau di gabungkan aja kedua tampilan itu dalam satu halaman kan lebih simple, begitu mengklik satu kali dapat dua informasi yang mutakhir. Tul gak.
So, penulis memanfaatkan script HTML sederhana, yaitu menggunakan iframe. Alhasil dalam 5 menit, penulis sudah berhasil menggabungkan informasi yang sangat bermanfaat tersebut. Bagaimana scriptnya, yuk lihat:
 
Nah kunci script nya mulai baris ke ke 16 sampai ke 21 saja. Hasilnya seperti berikut:
 
Mengapa kok menggunakan iframe? Karena konsep dari iframe sebenarnya merupakan jendela dari jendela. Dan kelebihannya sekaligus menjadi kekurangan iframe yaitu sifat dari tampilan yang ada di dalamnya independen dari jendela utama.
Pada tampilan hasil diatas, kita juga dapat memilih kota-kota lain pada iframe tampilan pkpu tanpa mempengaruhi hasil dari jendela utama dan jendela sebelahnya. Begitupun untuk iframe yang menampilkan server clock, tidak mempengaruhi jendela sebelahnya.
Jadi ibrohnya nih ya, gak perlu rumit-rumit mikir padahal banyak hal sederhana dengan usaha sederhana juga malah memberikan hasi yang luar biasa bermanfaat bagi kita. Oke, we will meet on the next article. See ya,,,(AndW)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar